Ginting, Silva Sesilia (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PROTISTA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4173341067 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4173341067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM 4173341067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 4173341067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 4173341067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4173341067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4173341067 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4173341067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4173341067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4173341067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM 4173341067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi protista dari aspek kognitif, indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X MIPA SMA
Negeri 1 Berastagi Tahun Pembelajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil
belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1 sebesar 32,87% (rendah), C2 sebesar 55,56% (sedang), C3 sebesar 39,17% (rendah), C4 sebesar 62,63% (tinggi), C5 sebesar 81,25% ( sangat tinggi), dan C6 sebesar 83,10% (sangat tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada indikator pembelajaran 1 sebesar 55,35%, indikator
pembelajaran 2 sebesar 63,19%, indikator pembelajaran 3 sebesar 83,33%, indikator pembelajaran 4 sebesar 56,54%, indikator pembelajaran 5 sebesar 65,97%, indikator pembelajaran 6 sebesar 57,98%. Faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: kesehatan siswa (tinggi), inteligensi (sangat tinggi), minat(tinggi), motivasi (tinggi). Sedangkan aspek eksternal meliputi: orang tua (tinggi), metode mengajar guru (tinggi), serta media pelajaran & Lingkungan sekolah (sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 078 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Protista; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50128 |