SITUMORANG, DEWI (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7182144001 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 7182144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 7182144001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 7182144001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 7182144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 7182144001 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 7182144001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 7182144001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 7182144001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 7182144001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 7182144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran E- Learning dan disiplin belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2019 dengan jumlah sampel 63 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda, Pengujian Hipotesis Parsial (Uji-T), Pengujian Hipotesis Simultan (Uji-F) dan Uji Koefisien Determinasi. Dari hasil analisis data dengan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 8,297 + 0,589 X1 + 0,276 X2. Hasil Uji-T menunjukkan Pembelajaran E-Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (5,441 > 2,000) serta nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05). Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,108 > 2,000) serta nilai signifikan < 0,05 (0,039 < 0,05). Pembelajaran E-Learning dan Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa dengan memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (82,500 > 3,15) serta nilai signifikan 0,000 < 0,05. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,733 atau 73,3% variabel X mempengaruhi variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh positif dan signifikan Pembelajaran E-Learning dan Disiplin Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran Stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran E-Learning dan Disiplin Belajar, Indeks Pretsasi Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:18 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50121 |