Ningrum, Lita Ayu (2022) ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROTISTA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BILAH HULU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4182141007 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4182141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 4182141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4182141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4182141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 4182141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4182141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4182141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4182141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM. 4182141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4182141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa pada penggunaan Google Classroom pembelajaran materi protista di kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hulu semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 dan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama menggunakan Google Classroom pada materi protista kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hulu semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, teknik purposive sampling pada penelitian ini dilihat dari keaktifan siswa/i di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 didapatkan rata-rata skor dan nilai pada angket penggunaan Google Classsroom yaitu skor 3,8 dengan nilai 77
yang berada pada kategori paham, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan, hal ini dikarenakan siswa masih perlu memahami fitur-fitur pada penggunaan Google Classroom, selanjutnya hasil penelitian kedua adalah pada penelitian ini untuk
mengukur hasil belajar kognitif siswa, materi yang digunakan yaitu materi protista melalui dokumentasi berupa data nilai siswa kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2, data hasil belajar yang diperoleh kelas X MIA 1 memiliki nilai rata-rata sebesar 80,6 dan hasil belajar yang diperoleh kelas X MIA 2 memiliki rata-rata sebesar 87,5. Nilai rata-rata yang didapat berada pada kategori tinggi, keberhasilan pembelajaran tersebut pada saat pembelajaran dilakukan secara online menggunakan e-learning tergantung pada apakah dalam pembelajaran materi protista telah mencapai hasil yang diinginkan, sedangkan nilai afektif siswa didapat dengan menggunakan angket kemampuan afektif penggunaan Google
Classroom dengan indikator sikap/disiplin dalam melakukan kegiatan dan indikator tanggung jawab diketahui bahwa skor rata-rata nilai afektif didapat sebesar 28 dengan kategori tinggi,baik, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan afektif siswa yaitu memiliki kategori tinggi, dan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 055 |
Keywords: | Google classroom; Protista; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 02:52 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50118 |