NAIBAHO, ULIARTA THERESIA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI di SMK SINAR HUSNI 1 BM LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183142030 COVER.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM 7183142030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
2. NIM 7183142030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
9. NIM 7183142030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
5. NIM 7183142030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6. NIM 7183142030 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
8. NIM 7183142030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM 7183142030 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
4. NIM 7183142030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM 7183142030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM 7183142030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Uliarta Theresia Naibaho, Nim.7183142030. Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi di SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Skripsi Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa akuntansi di SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan Quasy Experimen Design sebagai desain penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji paired T-Test dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kolaboratif memiliki rata-rata nilai post-test sebesar 81,62 yaitu kategori baik. Sedangkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai post-test sebesar 70,50 yaitu kategori cukup. Pada pengujian Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai thitung = 4.047 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df =30 dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,042. Karena nilai thitung > ttabel (4,047 > 2,042) dan Sig. (2-tailed) 0,000
<0,05 maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Signifikan Model Pembelajaran kolaboratif terhadap Hasil Belajar siswa Akuntansi di SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 08:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50104 |