TAMBUNAN, SARIMAULI G (2022) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163142037 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 7163142037 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
3. NIM 7163142037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 7163142037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. NIM 7163142037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 7163142037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 7163142037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. NIM 7163142037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 7163142037 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13. NIM 7163142037 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14. NIM 7163142037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
15. NIM 7163142037 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Sarimauli G Tambunan, NIM: 7163142037. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar yang dimiliki oleh Siswa Akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini yaitu expost facto, dengan menggunakan angket penelitian sebagai instrument penelitian yang diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Software SPSS 21.
Adapun hasil pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah: (1) Pemanfaatan Teknologi Informasi tidak berpengaruh terhadap Prestasi Belajar dengan nilai thitung < ttabel yaitu (-1.163 < 1.983) serta nilai signifikansi yang diperoleh (0.248 > 0.05). (2) Disiplin Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan thitung > ttabel (10.503 > 1.983) serta nilai siginifikansi yang diperoleh (0.000 < 0.05). Secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa Pemanfaatan teknologi dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (57.155 > 3.09) serta nilai signifikansi (0.000 < 0.05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0.531 (53.1%) dan sisanya sebesar 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain yamg tidak dikaji dalam penelitian ini. Persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan yaitu Y = 58.125 – 0.064X1 + 0.311X2. Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh variabel pemanfaatan teknologi informasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemanfataan Teknologi Informasi, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:58 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50093 |