LIMBONG, ROHANI (2022) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJAR 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182142024 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
2. NIM. 7182142024 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. NIM. 7182142024 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 7182142024 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 7182142024 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 7182142024 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM. 7182142024 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 7182142024 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. NIM. 7182142024 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 7182142024 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 7182142024 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Rohani Limbong NIM: 7182142024. Implementasi Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendah nya pemahaman konsep siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK Negeri 6 Medan dengan menerapkan Model Learning Cycle 5E.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan, Jl Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec.Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 3 dengan jumlah siswa 34 siswa dan objek penelitian ini adalah Penerapan Model Learning Cycle 5E. Pembelajaran dengan upaya meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat pemahaman konsep siswa dan soal tes akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh pada siklus I jumlah hasil pemahaman konsep siswa yang mendapat skor ≥16 belum mencapai 80% dengan rata-rata nilai 44% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥70 belum mencapai 80% dengan rata-rata 50% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Siklus ke II diperoleh hasil pemahaman konsep siswa yang mendapat nilai ≥16 sudah mencapai 80% dengan rata-rata nilai 82,35% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥70 sudah mencapai 80% dengan rata-rata 82,35% sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan pemahaman Konsep dan Hasil belajar Akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Model Learning Cycle 5E. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50090 |