RAMADANI, PRILAILI PUTRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK SWASTA PUTRA ANDA BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161142027 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7161142027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 7161142027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 7161142027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 7161142027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 7161142027 CHART.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 7161142027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 7161142027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10. NIM. 7161142027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
14. NIM. 7161142027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM. 7161142027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Prilaili Putri Ramadani, NIM 7161142027, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK Swasta Putra Anda Binjai, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan komik akuntansi sebagai media pembelajaran pada materi persamaan dasar akuntansi untuk siswa kelas X Akuntansi di SMK Swasta Putra Anda Binjai dan untuk mengetahui kelayakan media komik akuntansi sebagai media pembelajaran akuntansi yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli desain grafis dan praktisi pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan sesuai teori pengembangan yang dikemukakan oleh Dick & Carey (1996) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Validasi kelayakan media komik akuntansi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli desain grafis, dan praktisi pembelajaran (guru akuntansi). Media komik akuntansi diujicobakan secara bertahap kepada 6 siswa saat uji coba perorangan, 9 siswa saat uji coba kelompok kecil dan 20 siswa saat uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan media komik akuntansi sangat layak digunakan siswa terbukti dari hasil penilaian kelayakan media komik akuntansi berdasarkan penilaian: Ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,00 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 3,96 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Ahli desain grafis diperoleh rata-rata skor sebesar 3,88 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Praktisi pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 3,84 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik akuntansi yang dikembangkan pada materi persamaan dasar akuntansi sangat layak digunakan siswa sebagai media pembelajaran akuntansi di SMK Swasta Putra Anda Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Komik, Persamaan Dasar Akuntansi, Model Pengembangan ADDIE |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:16 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50085 |