Auliya, Dini (2022) PENGARUH PENILAIAN MENGGUNAKAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4181141011 JUDUL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2.NIM. 4181141011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
3. NIM. 4181141011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 4181141011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 4181141011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM. 4181141011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 4181141011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM. 4181141011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM. 4181141011 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 4181141011 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 4181141011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Media maupun alat penilaian yang diterapkan di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi selama pandemi khususnya pada mata pelajaran biologi masih bersifat konvesional. Diketahui motivasi dan hasil belajar siswa menurun ditandai dengan adanya beberapa siswa tidak mengumpulkan jawaban tes yang diberikan dan ada juga yang terlambat dalam pengumpulan jawaban. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak dengan menggunakan paper based test di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, (2) untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak dengan menggunkan Quizizz di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, dan (3) untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunkan alat penilaian paper based test dan Quizizz di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan sampel sebanyak 2 kelas ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu 1 kelas diberi perlakuan tes menggunakan aplikasi Quizizz dan 1 kelas diberi perlakuan tes
menggunakan paper based test. Instrumen penelitian menggunakan tes materi sistem gerak terdiri dari 20 butir pertanyaan dan angket motivasi terdiri dari 30 pernyataan yang disusun dengan skala likert empat kategori. Data dianalisis menggunakan Independent sampel t-Test
dengan syarat uji Kolmogorov Smirnov berdistribusi normal melalui bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi siswa pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi yang menggunakan paper based test ada dikategori sedang. Hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi yang menggunakan
paper based tes ada dikategori predikat D (Perlu Bimbingan), (2) motivasi siswa pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi yang menggunakan Quizizz sudah dikategori
Tinggi. Hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi yang menggunakan Quizizz sudah dikategori predikat C (Cukup), (3) terdapat perbedaan yang
signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa dengan alat penilaian konvensional yaitu paper besed test dan alat penilaian Quizizz pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 065 |
Keywords: | Penilaian; Quizizz; Paper based tes; Motivasi belajar; Sistem gerak; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:17 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50076 |