Marbun, Arifin (2021) PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4152141003 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4152141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 4152141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 4152141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4152141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4152141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4152141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4152141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
12. NIM. 4152141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 4152141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis pengamatan langsung disekitar lingkungan alam sekolah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri Unggul Subulussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Unggul Subulussalam yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 111
siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Dari hasil perhitungan uji t-test diperoleh harga thitung 8,411. Pada taraf signifikan 5% dengan df 65 didapat nilai ttabel 2,048, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemampuan berpikir kreatif siswa juga dapat dilihat dari uji annova perindikator yaitu, berpikir lancar sebesar 14,80 %, berpikir luwes sebesar 24,81 %, berpikir orisinil sebesar 24,75 %, berpikir merinci sebesar 14,75 % dan berpikir menilai sebesar 21,12 %. Dengan
demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran pengamatan langsung disekitar lingkungan alam sekolah, terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X2 SMA Negeri Unggul Subulussalam pada materi
keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 058 |
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Berpikir kreatif; Project based learning; Sumber belajar; Lingkungan alam; Pembelajaran kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:50 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50065 |