PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Marbun, Arifin (2021) PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4152141003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152141003 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152141003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4152141003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4152141003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152141003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152141003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152141003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4152141003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4152141003 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4152141003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4152141003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4152141003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4152141003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4152141003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4152141003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4152141003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4152141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis pengamatan langsung disekitar lingkungan alam sekolah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri Unggul Subulussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Unggul Subulussalam yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 111
siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Dari hasil perhitungan uji t-test diperoleh harga thitung 8,411. Pada taraf signifikan 5% dengan df 65 didapat nilai ttabel 2,048, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemampuan berpikir kreatif siswa juga dapat dilihat dari uji annova perindikator yaitu, berpikir lancar sebesar 14,80 %, berpikir luwes sebesar 24,81 %, berpikir orisinil sebesar 24,75 %, berpikir merinci sebesar 14,75 % dan berpikir menilai sebesar 21,12 %. Dengan
demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran pengamatan langsung disekitar lingkungan alam sekolah, terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X2 SMA Negeri Unggul Subulussalam pada materi
keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 058
Keywords: Keanekaragaman hayati; Berpikir kreatif; Project based learning; Sumber belajar; Lingkungan alam; Pembelajaran kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:50
Last Modified: 16 Feb 2023 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50065

Actions (login required)

View Item
View Item