PENGARUH MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK MATERI TERMOKIMIA

Lumban Gaol, Yolanda Maria (2022) PENGARUH MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4182131021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4182131021 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4182131021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4182131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4182131021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4182131021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4182131021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4182131021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4182131021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4182131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4182131021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4182131021 TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4182131021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4182131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4182131021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4182131021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4182131021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4182131021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4182131021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4182131021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4182131021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4182131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh multimedia lectora inspire pada pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar termokimia; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia lectora inspire pada PBL materi termokimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 7 Medan. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas. Kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia lectora inspire dan kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa media lectora inspire. Kedua kelas menggunakan model PBL. Instrumen tes yang digunakan adalah tes hasil belajar termokimia berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal, sedangkan respon siswa diukur dengan angket. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis t–test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh multimedia multimedia lectora inspire dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kimia siswa; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia lectora inspire dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi termokimia menunjukkan hasil persentase yakni 76,04% dan dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 034
Keywords: Lectora inspire; Termokimia; Problem based learning; Respon siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:33
Last Modified: 31 Jan 2023 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50058

Actions (login required)

View Item
View Item