Laudra, Shindy Arnanda (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (Project Based Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4183341001 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 4183341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. 4183341001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. 4183341001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 4183341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. 4183341001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 4183341001 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 4183341001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 4183341001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 4183341001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 4183341001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem pencernaan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun T.P.2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan Pretest and Posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanah Jawa yang berjumlah 142 dan dibagi atas 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model project based learning dan siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 34 orang yang diberi perlakuan dengan model konvensional berupa metode cermah. Instrumen yang digunakan adalah berupa instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen
yaitu 71,34 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang nilai rata-rata kemampuan kognitifnya sebesar 65.44. Berdasarkan hasil hipotesus dengan menggunakan uji-t didapatkan bawasannya nilai sign 2-tailed pada data postes 0,003 < 0,05 dimana ini menunjukkan bawasannya model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA SMAN 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun T.P. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 049 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Sistem pencernaan; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:22 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50052 |