PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBBLOG DENGAN PENDEKATAN CTL PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rumahorbo, Shinta Mardiana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBBLOG DENGAN PENDEKATAN CTL PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4181131005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181131005 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181131005 APPROVAL  SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181131005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181131005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181131005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181131005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181131005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4181131005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4181131005 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4181131005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4181131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4181131005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4181131005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181131005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181131005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181131005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181131005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181131005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil analisis kebutuhan media (2) mengetahui kelayakan media E-Learning Berbasis Webblog dengan pendekatan CTL pada materi laju reaksi yang dikembangan berdasarkan BSNP (3) mengetahui respon siswa terhadap media E-Learning berbasis Webblog dengan pendekatan CTL pada materi Laju Reaksi (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap media E-Learning Berbasis Webblog dengan Pendekatan CTL. Analisis kebutuhan media dilakukan dengan wawancara kepada guru mata pelajaran kimia kelas XI SMAN 1 Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Produk media yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia. Rata-rata hasil validasi media E-Learning berbasis Webblog dengan pendekatan CTL yang telah dikembangkan oleh dosen dan guru kimia adalah 3.70 dengan kategori sangat layak dan validasi materi adalah 3.71 dengan kategori sangat layak dan tidak perlu revisi. Penilaian presentasi respon siswa terhadap media E-Learning berbasis Webblog yang dikembangkan sebesar 74.5% dengan kriteria respon tinggi. Penggunaan Media terintegrasi Contextual Teaching and Leaning (CTL) pada materi laju reaksi diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 56% dimana artinya pembelajaran menggunakan media E-Learning berbasis webblog cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis diperoleh sig. (2. Tailed) sebesar 0.00 dimana sig. yang diperoleh < 0.05 yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 036
Keywords: Webblog; Laju reaksi; Contextual teaching and learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:11
Last Modified: 31 Jan 2023 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50046

Actions (login required)

View Item
View Item