Rumahorbo, Shinta Mardiana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBBLOG DENGAN PENDEKATAN CTL PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4181131005 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 4181131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM. 4181131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 4181131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. NIM. 4181131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM. 4181131005 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4181131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4181131005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. NIM. 4181131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13. NIM. 4181131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 4181131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil analisis kebutuhan media (2) mengetahui kelayakan media E-Learning Berbasis Webblog dengan pendekatan CTL pada materi laju reaksi yang dikembangan berdasarkan BSNP (3) mengetahui respon siswa terhadap media E-Learning berbasis Webblog dengan pendekatan CTL pada materi Laju Reaksi (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap media E-Learning Berbasis Webblog dengan Pendekatan CTL. Analisis kebutuhan media dilakukan dengan wawancara kepada guru mata pelajaran kimia kelas XI SMAN 1 Sibolga. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Produk media yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia. Rata-rata hasil validasi media E-Learning berbasis Webblog dengan pendekatan CTL yang telah dikembangkan oleh dosen dan guru kimia adalah 3.70 dengan kategori sangat layak dan validasi materi adalah 3.71 dengan kategori sangat layak dan tidak perlu revisi. Penilaian presentasi respon siswa terhadap media E-Learning berbasis Webblog yang dikembangkan sebesar 74.5% dengan kriteria respon tinggi. Penggunaan Media terintegrasi Contextual Teaching and Leaning (CTL) pada materi laju reaksi diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 56% dimana artinya pembelajaran menggunakan media E-Learning berbasis webblog cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis diperoleh sig. (2. Tailed) sebesar 0.00 dimana sig. yang diperoleh < 0.05 yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 036 |
Keywords: | Webblog; Laju reaksi; Contextual teaching and learning |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:11 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50046 |