Hasibuan, Sabrina Khairani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183131038 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 4183131038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM 4183131038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM 4183131038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 4183131038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 4183131038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM 4183131038 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 4183131038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 4183131038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM 4183131038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 4183131038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi ikatan kimia yang dikembangkan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan angket validasi dan instrument test. Hasil validasi media yang dikembangkan secara keseluruhan menunjukkan tingkat kelayakan materi sebesar 84,34% dengan kategori sangat layak dan tingkat kelayakan media sebesar 81,10% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil pada uji N-gain, rata – rata peningkatan hasil belajar didapatkan sebesar 0,71 atau persentase 71% dengan kategori tinggi. Hal ini terbukti ketika data hasil belajar dilakukan uji t, dimana didapatkan hasil berupa diperoleh nilai thitung = 6,25 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,68. Sehingga didapatkan hasil thitung > ttabel, oleh karena itu Ha diterima, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pokok bahasan ikatan kimia lebih tinggi dari KKM. Sehingga media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 020 |
Keywords: | Android; Ikatan kimia; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50042 |