Tarigan, Muhammad Juniar Saputra (2022) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4173131025 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 4173131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. NIM. 4173131025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4173131025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 4173131025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM. 4173131025 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4173131025 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4173131025 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 4173131025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
13. NIM. 4173131025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 4173131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi reaksi redoks. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar kimia materi reaksi redoks. Teknik analisis data untuk uji hipotesis yaitu dengan uji Indepent Sample t-Test. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel ( 2,14 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia flash dibandingkan dengan media pembelajaran Powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 021 |
Keywords: | Problem based learning; Reaksi redoks; Powerpoint; Macromedia flash; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:43 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50032 |