PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Tarigan, Muhammad Juniar Saputra (2022) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH DENGAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4173131025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173131025 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173131025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173131025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173131025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173131025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173131025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173131025 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173131025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4173131025 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4173131025 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4173131025 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4173131025 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4173131025 APPENDICE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4173131025 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173131025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173131025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173131025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173131025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173131025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan media pembelajaran PowerPoint dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi reaksi redoks. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar kimia materi reaksi redoks. Teknik analisis data untuk uji hipotesis yaitu dengan uji Indepent Sample t-Test. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel ( 2,14 > 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Macromedia flash dibandingkan dengan media pembelajaran Powerpoint.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 021
Keywords: Problem based learning; Reaksi redoks; Powerpoint; Macromedia flash; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:43
Last Modified: 27 Jan 2023 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50032

Actions (login required)

View Item
View Item