Yuda, Sergio Saldano (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153321036 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4153321036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM 4153321036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4153321036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. NIM 4153321036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 4153321036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4153321036 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4153321036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4153321036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13. NIM 4153321036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
14. NIM 4153321036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 5E pada materi suhu dan kalor serta menguji validasi LKPD yang dihasilkan melalui validasi ahli pembelajaran dan ahli materi, menguji kelayakan media yang dihasilkan melalui uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model 4-D. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa (1) Aspek kelayakan isi diniali sangat layak dengan rata-rata 5 dengan persentase 100%; (2) Aspek kelayakan penyajian dinilai sangat layak dengan ratarata 4,6 dengan persentase 92%; (3) Aspek kegrafikan dinilai sangat layak dengan
rata-rata 5 dengan persentase 100%; (4) Aspek keterbacaan dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,75 dengan persentase 95%. Hasil Validasi ahli pembelajaran menunjukkan bahwa; (1) Aspek kelayakan isi dinilai sangat layak dengan rata-rata
4,5 dengan persentase 90%; (2) Aspek kelayakan penyajian pembelajaran berbasis learning cycle 5e dinilai layak dengan rata-rata 4 dengan persentase 80%; (3) Aspek kegrafikan dinilai layak dengan rata-rata 4,2 dengan persentase 82%; (4) Aspek keterbahasaan dinilai layak dengan rata-rata 4,25 dengan persentase 85%. Hasil respon guru fisika MAN 3 Medan yaitu sangat layak dengan rata-rata 4,85 dengan persentase 97%. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil,
LKPD yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,45 dengan persentase 87%. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok besar mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,45 dengan persentase 87%. Tingkat keefektifan LKPD berbasis learning cycle 5E berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh 0,72 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian LKPD berbasis learning cycle 5E pada materi suhu dan kalor memenuhi kriteria kalayakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 039 |
Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Learning cycle 5E; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:36 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50031 |