SIMBOLON, HANNY CHIQUITA (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183142032 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 7183142032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM. 7183142032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 7183142032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 7183142032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM. 7183142032 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 7183142032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8.NIM. 7183142032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9.NIM. 7183142032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13.NIM. 7183142032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14.NIM. 7183142032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
HANNY CHIQUITA SIMBOLON, NIM. 7183142032. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Skripsi Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemandirian belajar pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 51 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan kuesioner. Kuesioner penelitian terdiri dari 28 pertanyaan dengan skala likert 4 poin, 8 peryataan untuk efikasi diri, 12 pernyataan untuk lingkungan keluarga, dan 8 pernyataan untuk kemandirian belajar. Kuesioner penelitian diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y= 1.872 + 0,453X1 + 0,334X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, efikasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,962 > 2,009) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Lingkungan keluarga juga berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,746 > 2,009) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 43,8%, sedangkan sisanya 56,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV697.11 Families. Mothers. Widow's pensions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50028 |