Mawarni, Novrika (2021) DESAIN E-MODUL BERBASIS ICARE MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESIONAL PADA MATERI VEKTOR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4171121022 COVER.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2. NIM. 4171121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
3. NIM. 4171121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
4. NIM. 4171121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
5. NIM. 4171121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
6. NIM. 4171121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 4171121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 4171121022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 4171121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 4171121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM. 4171121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul fisika berbasis ICARE menggunakan Flip PDF Profesional pada materi vektor yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah, mengetahui respon peserta didik dan
hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-Modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X MIA 2 dan X MIA 3 di SMA Negeri 2 Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli
materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran, angket penilaian guru, angket respon peserta didik, dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik
terhadap E-Modul fisika berbasis ICARE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 97% dan ahli media sebesar 95,5%, penilaian guru fisika sebesar 87,3% dengan masing-masing persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik atau sangat layak digunakan. Respon peserta didik setelah menggunakan EModul
sebesar 73,73% termasuk dalam kategori baik atau praktis digunakan. Sedangkan pada hasil tes peserta didik melakukan pretes dan postes sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71 termasuk kategori efektif. Dan dapat disimpulkan E-Modul berbasis ICARE menggunakan Flip PDF Profesional pada
materi vektor dinyatakan valid atau layak, praktis digunakan dan efektif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 028 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Modul elektronik; Vektor; Bahan ajar; Pembelajaran ICARE; Flip PDF profesional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:55 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50017 |