Hasibuan, Meli Hanisa (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FOUR-TIER UNTUK MENGETAHUI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPTIK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4181121019 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 4181121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4181121019 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM 4181121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 4181121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 4181121019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 4181121019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 4181121019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 4181121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM 4181121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4181121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi optik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MAN Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yakni, Analyze,
Design, Develop, Implement, Evaluate. Pada pengujian validitas isi oleh validator soal tergolong instrumen valid dengan rata-rata 92,78% dan kategori Sangat Baik. Reliabilitas tes dengan dua pengujian memiliki rata-rata 0,93 pada soal pilihan berganda dan 0,75 pada soal essay dengan kategori reliabilitas tinggi pada kedua bentuk soal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII IPA MAN
Pematangsiantar memiliki rata-rata miskonsepsi sebesar 30,92%. Tingkat miskonsepsi dibagi berdasarkan sub materi pada materi optik dan sub materi optik dengan persentase miskonsepsi tertinggi yakni pada sub materi Mikroskop sebesar 36,8% dan miskonsepsi terendah pada sub materi cermin datar yakni 23,7%. Dari hasil pengembangan Instrumen Four-Tier disimpulkan bahwa instrumen tes ini layak digunakan untuk mengidentifikasi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 040 |
Keywords: | Miskonsepsi; Optik; Pemahaman konsep; Tes diagnostik four-tier |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:47 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50013 |