Siregar, Gustina (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JARINGAN MEDIA SOSIAL EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DIKELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4152121021 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 4152121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM 4152121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 4152121021 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 4152121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
6. NIM 4152121021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 4152121021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
8. NIM 4152121021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
12. NIM 4152121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 4152121021 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) perbedaan antara hasil belajar siswa dengan model koperatif tanpa media edmodo dan pembelajaran dengan model koperatif menggunakan media pembelajaran edmodo pada pelajaran fisika di kelas XI MIA SMA N 1 Labuhan Deli, (2) mengetahui efektivitas Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi Elastisitas di kelas XI MIA 2 SMA N 1 Labuhan Deli, (3) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretes postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6
kelas.Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Teknik analasis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan pengujian efektivitas penggunaan jejaring sosial edmodo menggunakan uji N-gain. Hasil apenelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi uji-t sebesar -t yang mempunyai harga thitung
= 2,88 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media jejaring sosial pendidikan edmodo dengan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media jejaring sosial pendidikan edmodo. Dengan hasil perhitungan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 82,1% termasuk dalam kategori efektif (>76%) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan jejaring sosial edmodo efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika di kelas XI MIA SMA N 1 Labuhan Deli. Hasil perhitungan rata-rata angket menunjukkan angka sebesar 84,08% yang termasuk kategori sangat tinggi (≥75%) sehingga dapat diartikan bahwa respon siswa terhadap penggunaan jejaring sosial edmodo sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 048 |
Keywords: | Edmodo; Elastisitas; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:13 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49994 |