Hutagaol, Mona Mahyuny (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PhET-COLORADO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4182151009 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 4182151009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4182151009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4.NIM 4182151009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 4182151009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 4182151009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4182151009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4182151009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4182151009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM 4182151009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4182151009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan PhET-Colorado terhadap hasil belajar dan pemecahan masalah siswa SMP kelas IX pada materi Listrik Dinamis. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain pretes-postes di salah satu SMP Negeri di Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas masing-masing terdiri dari 32 orang siswa, kelas IX-J adalah kelas eksperimen yang menerapkan model problem based learning (PBL) berbantuan PhET-Colorado dan kelas IX-D adalah kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban untuk mengukur hasil belajar kognitif dan tes uraian untuk tes pemecahan masalah siswa pada materi listrik dinamis. Data rata-rata pretes dan postes hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 49,37 dan 80,31, sedangkan pada kelas kontrol masing-masing 51,09 dan 66,40. Data rata-rata pretes dan postes pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen adalah 35,31 dan 72,12, sedangkan pada kelas kontrol masing-masing 36 dan 66,40. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova (multivariate analysis of variance). Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan hasil belajar dan pemecahan masalah secara signifikan dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET-Colorado pada materi IPA di SMP, sehingga terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET-Colorado terhadap hasil belajar dan pemecahan masalah siswa. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 62,09 dengan kategori sedang dan kelas kontrol adalah 30,48 dengan kategori sedang, dan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 56,90 dengan kategori sedang dan kelas kontrol adalah 22 dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 IPA 007 |
Keywords: | Pemecahan masalah; Listrik dinamis; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49982 |