Pasaribu, Marisa Z. (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4181131032 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4181131032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3. NIM 4181131032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM 4181131032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 4181131032 TABLES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM 4181131032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 4181131032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 4181131032 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM 4181131032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 4181131032 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbasis video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan media powerpoint. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)
Apakah ada pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa?, (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint?. Penelitian ini melibatkan kelas ekperimen I dan kelas eksperimen II. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen I dengan pembelajaran
inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran, kelas eksperimen II dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan powerpoint. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas ekperimen I sebesar 43,47 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 43,19. Setelah perlakuan pembelajaran kepada kedua kelas eksperimen kemudian dilanjutkan postest untuk mengetahui hasil belajar,
diperoleh nilai rata-rata pos-ttest kelas ekperimen I sebesar 83,33 dan kelas eksperimen II sebesar 79,16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar. Kelas eksperimen I memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 39,86 dengan N-Gain sebesar 71% dan kelas eksperimen II sebesar 35,19. dengan N-Gain sebesar 64%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video pembelajaran lebih baik dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dari pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 009 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Video pembelajaran; Powerpoint; Laju reaksi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:34 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49976 |