Ramadhani, Safitri (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK LURUS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171121032 COVER.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. NIM. 4171121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 4171121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 4171121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 4171121032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
6. NIM. 4171121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 4171121032 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 4171121032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 4171121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
9. NIM. 4171121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
14. NIM. 4171121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian kelayakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat, mengetahui respon siswa dan guru terhadap instrumen tes dan mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) tipe ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implement, 5) Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS Al-Azhar Kabupaten Batu Bara dengan jumlah 10 orang pada uji skala kecil dan 30 orang pada uji skala luas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, tes, dan angket. Dari analisis data diperoleh hasil uji validitas isi oleh tiga orang validator ahli menunjukan nilai CVI (Content Validity Index) adalah 0,8 yang artinya soal tes valid. Reliabilitas soal sebesar 0,71 yang berarti soal tes reliabel. Tingkat kesukaran soal terdiri atas 5 soal dalam kategori mudah, dan 7 soal dalam kategori sedang. Daya pembeda tes telah memenuhi kualifikasi 2 soal cukup baik, 10 soal baik. Berdasarkan identifikasi data yang diperoleh, terdapat 41% siswa dalam kategori paham konsep, 15% siswa dalam kategori tidak paham konsep, dan 44 % siswa dalam kategori miskonsepsi. Respon guru terhadap instrumen tes juga baik dan positif artinya instrumen tes dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengidentifikasi siswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-104 / 371.33 Ram p |
Keywords: | Tes Diagnostik; Pilihan Ganda Tiga Tingkat; Miskonsepsi; Gerak Lurus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 09:04 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49940 |