PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK LURUS

Ramadhani, Safitri (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK LURUS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171121032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171121032 COVER.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171121032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171121032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171121032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171121032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171121032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171121032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171121032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4171121032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4171121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4171121032 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4171121032 TABLES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4171121032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4171121032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171121032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171121032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171121032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171121032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171121032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian kelayakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat, mengetahui respon siswa dan guru terhadap instrumen tes dan mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) tipe ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implement, 5) Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS Al-Azhar Kabupaten Batu Bara dengan jumlah 10 orang pada uji skala kecil dan 30 orang pada uji skala luas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, tes, dan angket. Dari analisis data diperoleh hasil uji validitas isi oleh tiga orang validator ahli menunjukan nilai CVI (Content Validity Index) adalah 0,8 yang artinya soal tes valid. Reliabilitas soal sebesar 0,71 yang berarti soal tes reliabel. Tingkat kesukaran soal terdiri atas 5 soal dalam kategori mudah, dan 7 soal dalam kategori sedang. Daya pembeda tes telah memenuhi kualifikasi 2 soal cukup baik, 10 soal baik. Berdasarkan identifikasi data yang diperoleh, terdapat 41% siswa dalam kategori paham konsep, 15% siswa dalam kategori tidak paham konsep, dan 44 % siswa dalam kategori miskonsepsi. Respon guru terhadap instrumen tes juga baik dan positif artinya instrumen tes dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengidentifikasi siswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-FIS-104 / 371.33 Ram p
Keywords: Tes Diagnostik; Pilihan Ganda Tiga Tingkat; Miskonsepsi; Gerak Lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 13 Jan 2023 09:04
Last Modified: 19 Jan 2023 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49940

Actions (login required)

View Item
View Item