Br Barus, Sindy Klorida (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181121008 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4181121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. NIM. 4181121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 4181121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 4181121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 4181121008 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 4181121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 4181121008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 4181121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 4181121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4181121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model project based learning (PjBL) dan aspek berpikir kreatif yang mengalami peningkatan lebih tinggi pada pokok bahasan Gelombang Bunyi. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 1 STM Hilir T.P 2021/2022. Teknik pemilihan sampel diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 1 (eksperimen) diterapkan model project based learning dimana terdiri dari 35 siswa dan kelas XI MIA 2 (kontrol) dengan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk kemampuan berpikir kreatif yaitu tes berbentuk essay sebanyak 9 soal. Tahap pertama yang dilakukan adalah memberi pretes kepada kedua kelas, untuk kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata pretes sebesar 38,69% dan kelas kontrol sebesar 34,66%. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, peneliti memberikan postes. Hasil pengolahan data akhir postes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil pengolahan data postes menggunakan N-gain yang dimana terjadi peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 67,15% dan pada kelas kontrol sebesar 11,14%. Kelas eksperimen yang mengalami peningkatan berpikir kreatif tertinggi yaitu berpikir fasih (fluency) sebesar 68%, dan berpikir luwes (flexibility) sebesar 67%, elaborasi (elaboration) sebesar 63% serta persentase terendah adalah originalitas (originality) sebesar 59% . Berarti terdapat efektivitas model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-107 / 371.33 Bar e |
Keywords: | Model Project Based Learning; Berpikir Kreatif; Kemampuan berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 03:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49910 |