GULO, REPIRIUS (2024) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK BM PAB 3 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7173344047_Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7173344047_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7173344047_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7173344047_Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7173344047_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7173344047_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7173344047_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7173344047_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7173344047_BAB_I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
![[thumbnail of 7173344047_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173344047_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7173344047_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173344047_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (612kB)
![[thumbnail of 7173344047_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173344047_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (989kB)
7173344047_BAB_V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7173344047_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
![[thumbnail of 7173344047_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173344047_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi umum di SMK BM PAB 3 Medan Estate tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SMK BM PAB 3 Medan Estate dengan populasi sebanyak 47 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling sebanyak 47 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post fakto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil uji t (parsial) Kemampuan Komunikasi Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Peserta didik (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,300 > 2,015) serta nilai signifikansi < 0,05 (0,01 < 0,05). Kemudian Motivasi Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (3,869 > 2,015) serta nilai signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Untuk hasil uji F (simultan) mendapatkan hasil bahwa Fhitung > Ftabel yaitu (12,199 > 3,21). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar R2 = 0,357 atau 35,7% variabel X mempengaruhi Y dan sisanya sebesar 64,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan komunikasi guru, Motivasi Belajar, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:42 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49890 |