GULO, REPIRIUS (2024) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK BM PAB 3 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7173344047_Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7173344047_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7173344047_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7173344047_Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7173344047_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7173344047_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7173344047_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7173344047_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7173344047_BAB_I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
7173344047_BAB_V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7173344047_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi umum di SMK BM PAB 3 Medan Estate tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SMK BM PAB 3 Medan Estate dengan populasi sebanyak 47 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling sebanyak 47 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post fakto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil uji t (parsial) Kemampuan Komunikasi Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Peserta didik (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,300 > 2,015) serta nilai signifikansi < 0,05 (0,01 < 0,05). Kemudian Motivasi Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (3,869 > 2,015) serta nilai signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Untuk hasil uji F (simultan) mendapatkan hasil bahwa Fhitung > Ftabel yaitu (12,199 > 3,21). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar R2 = 0,357 atau 35,7% variabel X mempengaruhi Y dan sisanya sebesar 64,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan komunikasi guru, Motivasi Belajar, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:42 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49890 |