SIMANULLANG, ELFRIDA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X BDP DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7183343008 COVER.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
2 NIM. 7183343008 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3 NIM. 7183343008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4 NIM. 7183343008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5 NIM. 7183343008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
6 NIM. 7183343008 TABLE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7 NIM. 7183343008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8 NIM. 7183343008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
13 NIM. 7183343008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
12 NIM. 7183343008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Elfrida Simanullang, Nim 7183343008, Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Self-Directed Learning Terhadap Efektivitas Pembelajaran Kelas X BDP Di SMK Swasta Budi Agung Medan. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap efektivitas pembelajaran, 2) Pengaruh self-directed learning terhadap efektivitas pembelajaran , dan 3) Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas dan self-directed learning terhadap efektivitas pembelajaran siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Budi Agung Medan. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK Swasta Budi Agung Medan yaitu sebanyak 72 siswa. Teknik Pengambilan sampel digunakan yaitu total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 72 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan SPSS 25. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket kuesioner, wawancara, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data- data diantaranya jumlah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,633 yang artinya sebesar 63,3% efektivitas pembelajaran siswa dipengaruhi oleh pembelajaran tatap muka terbatas dan self-directed learning. Hasil penelitian ini sesuai dengan sumber Jenepento (2022: 232) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan self-directed learning pada pembelajaran dapat menjadi salah satu solusi dalam memberikan peluang kepada peserta didik untuk kembali aktif dalam pembelajaran seperti sedia kala dan membantu guru dalam menjelaskan suatu konsep dengan mengaitkan materi pada situasi nyata atau faktual yang dialami oleh peserta didik. kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran tatap muka terbatas dan efektivitas pembelajaran berpengaruh dan signifikan terhadap hasil efektivitas pembelajaran. Untuk itu perlu adanya perhatian untuk memaksimalkan pembelajaran tatap muka terbatas dan self-directed learning terkait dengan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kemandirian Belajar, Efektivitas Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:30 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49884 |