MANALU, MASRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA SWASTA BANDUNG MEDANT.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7183341028 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2 NIM. 7183341028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
3 NIM. 7183341028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4 NIM. 7183341028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5 NIM. 7183341028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6 NIM. 7183341028 TABLE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7 NIM. 7183341028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8 NIM. 7183341028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9 NIM. 7183341028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13 NIM. 7183341028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Masri Manalu NIM : 7183341028 Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Swasta Bandung Medan T.P 2021/2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Bandung Medan T.P 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bandung Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Bandung Medan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 62 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik Total Sampling yang diambil dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 menggunakan kelas eksperimen dengan menggunakan Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas XI IPS 2 menggunakan Model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes hasil belajar menggunakan tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel yang sesungguhnya, maka terlebih dahulu soal tes ini diujikan oleh para ahli bidang studi ekonomi yaitu guru mata pelajaran ekonomi atau tentor ekonomi untuk menguji kesesuaian butir soal dengan indikator. Setelah uji validitas isi telah dilakukan maka peneliti menguji cobakan kembali butir soal yang sudah valid kepda 30 siswa untuk melihat tingkat validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menghitung rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil analisa data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 49,194 dan 80,161 sedangkan pada kelas kontol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 46,935 dan 71,935. Dari pengujian hipotesis didapat thitung = 3,337 dengan ttabel sebesar 1,6706. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut dapat disimpulkan thitung>ttabel maka hipotesis diterima. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI SMA Swasta Bandung Medan T.P 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4 Engineering economy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:24 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49813 |