TANJUNG, SHYNTA SARI ULI PURBA (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7183141035 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM.7183141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM.7183141035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM.7183141035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM.7183141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM.7183141035 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM.7183141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM.7183141035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM.7183141035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM.7183141035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14. NIM.7183141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematang siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematang siantar.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Pematang Siantar, JL. Medan KM 6,8, Tanjung Tongah, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sebanyak 180 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 124 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.
Hasil pengujian dari hipotesis pertama diperoleh nilai thitung untuk kecerdasan emosional sebesar 6,166 dan nilai ttabel 1,657 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis kedua diperoleh nilai thitung untuk disiplin belajar sebesar 8,042 dan nilai ttabel 1,657 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Dan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 82,307 dan Ftabel 3,07 sehingga H0 ditolak dan H3 diterima. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 57,6%
Dengan demikian dapat disimpulkan: (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi; (2) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan; (3) secara simultan, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 00:47 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 00:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49796 |