PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR

TANJUNG, SHYNTA SARI ULI PURBA (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.7183141035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7183141035 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7183141035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7183141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7183141035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7183141035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7183141035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7183141035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7183141035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7183141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7183141035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7183141035 TABLES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7183141035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7183141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7183141035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7183141035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7183141035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7183141035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7183141035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7183141035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7183141035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7183141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematang siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematang siantar.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Pematang Siantar, JL. Medan KM 6,8, Tanjung Tongah, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sebanyak 180 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 124 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.
Hasil pengujian dari hipotesis pertama diperoleh nilai thitung untuk kecerdasan emosional sebesar 6,166 dan nilai ttabel 1,657 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis kedua diperoleh nilai thitung untuk disiplin belajar sebesar 8,042 dan nilai ttabel 1,657 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Dan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 82,307 dan Ftabel 3,07 sehingga H0 ditolak dan H3 diterima. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 57,6%
Dengan demikian dapat disimpulkan: (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi; (2) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan; (3) secara simultan, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 25 Jan 2023 00:47
Last Modified: 25 Jan 2023 00:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49796

Actions (login required)

View Item
View Item