Br. PARDEDE, EVI NOVIANA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA/I KELAS X SMAN 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171141007 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7171141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 7171141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 7171141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 7171141007 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 7171141007 TABELS.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7171141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7171141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7171141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
14. NIM. 7171141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Evi Noviana Br. Pardede NIM : 7171141007. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa/I Kelas X SMAN 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi,Jurusan Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Ekonomi,Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2021.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa/I Kelas X SMAN 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2021/2022.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 123 orang sedangkan untuk sampel penelitian digunakan tehnik purpose sampling yaitu sebanyak 60 siswa dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan independent sample t test nilai t pada t-test for Equality of Means sebesar 3,993, sedangkan nilai t tabel yaitu 1,669. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan (1) bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap hasil belajar siswa .(2) bahwa pembelajaran yang menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif digunakan dibandingkan dengan model konvensional dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning,dan Hasil Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:27 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49769 |