Rais, Raja Amin (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA N 1 KUALUH LEIDONG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321027 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM 4183321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
3. NIM 4183321027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
4. NIM 4183321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM 4183321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
6. NIM 4183321027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM 4183321027 TABLES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. NIM 4183321027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM 4183321027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
13. NIM 4183321027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14.NIM 4183321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan Physic Education Technology (PhET) simulation terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yg digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas X IPA SMA N 1 Kualuh Leidong yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas yang diambil yaitu X IPA I sebagai kelas eksperimen dan X IPA II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal dengan lima pilihan jawaban telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 31.805 dan hasil pretest kelas kontrol 28,75. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,047 < 1,666 pada taraf signifikan α =0,05 dan dk = 70, dinyatakan h0 diterima atau kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Diberi perlakuan kemudian rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 71,25 dan kelas kontrol sebesar 63,05. Hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel yaitu 3,294 > 1, 998 pada taraf signifikan α =0,05 dan dk = 70, dinyatakan bahwa ha diterima berarti ada perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran discovery learning berbantuan PhET simulation pada kelas eksperimen. Model pembelajaran discovery learning berbantuan Physic Education Technology (PhET) simulation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-083 / 371.33 Rai p |
Keywords: | Discovery learning; PhET simulation; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:43 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49756 |