NURDILLA.K, INDAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 SEI SUKA T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7181141010 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2.NIM 7181141010 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3.NIM 7181141010 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4.NIM 7181141010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5.NIM 7181141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6.NIM 7181141010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7.NIM 7181141010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8.NIM 7181141010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM 7181141010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
10. NIM 7181141010 BAB I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
14.NIM 7181141010 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
15.NIM 7181141010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Indah Nurdilla.K NIM : 7181141010. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Sei Suka T.P. 2021/2022. Skripsi Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar Ekonomi siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, rendah serta untuk mengetahui ada tidaknnya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri Sei Suka. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan soal tes pilihan ganda, sedangkan instrumen penelitian untuk mengetahui motivasi belajar menggunakan angket. Analisis data pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis varians dua jalan.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis variasi dua jalan, dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis pertama sebesar (0,001), dimana 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model TGT memberikan hasil belajar yang baik dan juga perolehan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 84,56 sedangkan kelas kontrol 72,11. Kemudian diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis kedua sebesar (0,000), dimana 0,000 < 0,05; sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik daripada motivasi belajar siswa dengan kategori rendah. serta diperoleh nilai signifikansi pada hipotesis ketiga sebesar (0,234), dimana 0,234 > 0,05; hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar Ekonomi terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:42 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49752 |