HAREFA, DITA NATANIA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA KATOLIK SIBOLGA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM . 7182141012 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM. 7182141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM . 7182141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM . 7182141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
5. NIM . 7182141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM . 7182141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM . 7182141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM . 7182141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
9. NIM . 7182141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
13. NIM . 7182141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
14. NIM . 7182141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
Abstract
Dita Natania Harefa, NIM: 7182141012. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Sibolga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penerapan disiplin belajar siswa dikarenakan lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Sibolga dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Sibolga.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Katolik Sibolga Jalan Brigjen Katamso No. 19, T.A 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Katolik Sibolga yang berjumlah 150 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 110 orang menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t dan Uji-f serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar siswa berdasarkan uji t (t hitung > t tabel) 3,045 > 1,659 dan nilai Sig 0,003 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa berdasarkan uji t (t hitung > t tabel) 5,977 > 1,659 dan nilai Sig 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa berdasarkan uji f (f hitung > f tabel) 93,439 > 3,08 dan perolehan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0.05. Berdasarkan analisis diperoleh hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,636. Hal ini menjelaskan bahwa kontribusi lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Sibolga sebesar 63,6% sedangkan sisanya sebesar 36,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Disiplin Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:26 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49749 |