SIMANJUNTAK, MEI (2022) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181141012 COVER.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
2. NIM 7181141012 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7181141012 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 7181141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
5. NIM 7181141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
06. NIM 7181141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
07. NIM 7181141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
08. NIM 7181141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
9. NIM 7181141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
10. NIM 7181141012 BAB 1.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
14. NIM 7181141012 BAB 5.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
15. NIM 7181141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
MEI SIMANJUNTAK NIM: 7181141012. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat mahasiswa menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 sebanyak 100 orang. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persamaan regresi Y= Y = 11,668 + 0,284X1 + 0,368 X2+ 0,240X3 (2) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Angkatan 2018 dengan nilai signifikan 0,001<0,05 dan thitung> ttabel (3,562 > 1,661). (3) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengenalan Lapangan Pesekolahan terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Angkatan 2018 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 dan thitung> ttabel (4,913 > 1,661). (4) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Prestsi Belajar Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Angkatan 2018 dengan nilai signifikan 0,017<0,05 dan thitung> ttabel (2,419 > 1,661). (4) secara simultan Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung> Ftabel (59,446 > 2,70). (5) kontribusi Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 adalah sebesar 65%. Sedangkan sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), Prestasi Belajar, Minat Menjadi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD8038 Professions (General). Professional employees |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:07 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49747 |