ZAI, WANSAH FANGARO (2022) PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182142018 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 7182142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM 7182142018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM 7182142018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 7182142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 7182142018 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 7182142018 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 7182142018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM 7182142018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM 7182142018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 7182142018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Wansah Fangaro Zai, NIM. 7182142018. Pengaruh Perilaku Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh perilaku belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 28 pernyataan dengan skala likert 4 point, 18 pernyataan untuk perilaku belajar dan 10 pernyataan untuk lingkungan keluarga. Angket penellitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 23.986 + 0,693X1 + 0,478X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 5,284 > 2,009 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,080 > 2,009 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,043 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 49%, sedangkan sisanya 51% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perilaku Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil BelajarAkuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ760 Family size |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49736 |