Manalu, Kevin Kristiadi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS DARING (DALAM JARINGAN) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321029 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 4183321029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3. NIM 4183321029 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 4183321029 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 4183321029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4183321029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM 4183321029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM 4183321029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4183321029 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
10. NIM 4183321029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
14. NIM 4183321029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4183321029 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Model Pembelajaran Pada Problem Based Learning Untuk meningkatkan pemahaman Konsep Fisika terhadap siswa di SMA Negeri 15 Medan menggunakan Model pembelajaran Problem based learning (PBL) secara daring.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas secara acak yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,8 yaitu sudah mencapai standar KKM sedangkan kelas kontrol adalah 68 yaitu belum mencapai standar KKM. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas Dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Tingkat Pemahaman Konsep Fisika Di SMA Negeri 15 Medan Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji Gain yaitu kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan kriteria sedang dan berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehinggga kelas ekperimen memiliki Pengaruh yang lebih baik dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-078 / 371.35 Man p |
Keywords: | Daring; Problem Based Learning (PBL); Konsep Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:15 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49716 |