PENGARUH METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTADTERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARANEKONOMIKELASXI IPS DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGA-PUNGGAT.P. 2022/2023

DOLOKSARIBU, ASTRINA (2022) PENGARUH METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTADTERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARANEKONOMIKELASXI IPS DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGA-PUNGGAT.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1 NIM. 7183341002 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 7183341002 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 7183341002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 7183341002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 7183341002 TABLE CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 7183341002 TABLE CONTENT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 7183341002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 7183341002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 7183341002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 7183341002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 7183341002 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 7183341002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 7183341002 TABLE.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 7183341002 TABLE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 7183341002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 7183341002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 7183341002 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 7183341002 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 7183341002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 7183341002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 7183341002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 7183341002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Astrina Doloksaribu, Nim :7183341002, Pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievedmen Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Parongil .T.P 2022/2023. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, 2022.
Penelitian ini di laksamakan dengan tujuan untuk mengetahui masalah dalam penelitian ini yaitu Rendahnya Hasil Belajar Siswa karena Model pembelajaran yang digunakan guru adalah MetodeKonvensional /ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan Di SMA Negeri 1 Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi, Sidikalang. Populasi dalam penelitian ini adalah Tiga kelas XI IPS 1 dan IPS 2 Di SMA Negeri 1 Silima Pungga-pungga Tahun pelajaran 2022/ 2023 yang berjumlah 97 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah teknik purposive random sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah 64 siswa, yang terbagi 2 kelas yaitu kelas Experimen (XI IPS1) dan kelas Kontrol (XI IPS2) dan jumlah masing-masing kelas adalah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang di laksanakan dalam penelitian ini adalah Tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal . Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, terlebih dahulu Tes ini di ujicobakan untuk melihat validitas, Reabilitas, Daya pembeda,dan Tingkat kesukaran soal.
Berdasarkan dari hasil analisa data kelas Ekeperimen yang di gunakan yaitu menentukan rata-rata Pre-test dan Post-tes yaitu 53, 2500 dan 84,5000. Sedangkan nilai Rerata Post-tes pada kelas Kontrol nilai rata-rata Pre-test dan pos-test yaitu 39,2500 dan 58,5000. Dari analisis data yang di peroleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,065>Ttabel 0,05) dan Homogen (Fhitung = 0,059 >Ftabel 0,05). Dengan membandingkan ke Dua nilai tersebut dapat disimpulka Thitung>Ttabel maka hipotesis di terima. Dapat di simpulkan bahwa hasil belajar korespondensi yang di ajar dengan Metode pembelajaran Kooperatif Tipe stad memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:25
Last Modified: 25 Jan 2023 00:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49714

Actions (login required)

View Item
View Item