PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Sofyan, Dini Khoirunnisa (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183321024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183321024 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183321024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183321024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183321024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183321024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183321024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183321024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183321024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183321024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4183321024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4183321024 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4183321024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4183321024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4183321024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4183321024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183321024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183321024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183321024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183321024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183321024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183321024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS Gema Buwana. Pada pengujian validasi isi oleh validator soal tergolong kedalam instrumen valid. Sedangkan validitas butir didapat 9 soal dikatakan valid atau layak digunakan. Tes pada soal juga tergolong dalam kategori reliabel dengan interpretasi reliabilitas sangat tinggi dengan hasil 0,879. Untuk uji tingkat kesukaran soal diperoleh 1 soal dengan dengan kriteria mudah, 2 soal dengan kriteria sukar dan 6 soal dengan kriteria sedang. Sedangkan daya beda soal diperoleh 3 soal dengan kriteria diperbaiki dan 6 soal dengan kriteria diterima. Efektifitas pengecoh memperoleh hasil 5 pilihan jawaban dengan kriteria ditolak dan 31 pilihan jawaban dengan kriteria diterima. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa instrumen tes multiple choice resoning terbuka berbasis HOTS ini dikatakan layak untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-FIS-089 / 371.33 Sof p
Keywords: Pengembangan instrumen tes, multiple choice reasoning terbuka, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:08
Last Modified: 19 Jan 2023 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49700

Actions (login required)

View Item
View Item