Sari, Julita (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguatan Sikap Toleransi Pada Siswa di SMP Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 20212022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3181111018 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. NIM. 3181111018 APPROVAL SHEEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 3181111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. NIM. 3181111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. NIM. 3181111018 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. NIM. 3181111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. NIM. 3181111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. NIM. 3181111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. NIM. 3181111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 3181111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM. 3181111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguatan Sikap Toleransi Siswa di SMP Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengacu kepada teknik pengumpulan data meliputi observasi, Angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Air Putih yang ada di Jalan Jendral Sudirman Indrapura Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Air Putih yang berjumlah 62 peserta didik yang terdiri dari 31 di kelas eksperimen 31 di kelas kontrol. Adapun pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan metode Uji Paired T Test. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum baik kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan penguatan sikap toleransi pada siswa. Akan tetapi rata-rata skor kelas eksperimen jauh lebih tinggi dari rata-rata skor kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata gain (peningkatan) penguatan sikap toleransi siswa kelas eksperimen yakni 1132 yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya 0224
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-070 |
Keywords: | Multikultural; Berbasis Kearifan Lokal; Penguatan Sikap; Toleransi Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 07:33 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49684 |