BARUS, HAPRIN (2022) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGA PANAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153342015 COVER.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
2. NIM. 7153342015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 7153342015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 7153342015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
5. NIM. 7153342015 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 7153342015 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7153342015 PICTURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7153342015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7153342015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (847kB) | Preview
13. NIM. 7153342015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 7153342015 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah masih rendah. Hal ini terlihat dari terdapatnya 34% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas belajar dan kemampuan komunikasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey serta memiliki sampel sebanyak 96 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling, yakni dengan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan sebaran kuesioner kepada responden. Sementara teknik pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t (parsial), uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji t (parsial) diperoleh nilai thitung 2,902 > ttabel 1,986 dan Sig. 0,005 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 2) hasil uji t (parsial) lainnya diperoleh nilai thitung 7,566 > ttabel 1,986 dan nilai Sig. 0,005 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 3) hasil uji F (simultan) diperoleh nilai F hitung = 57,351 > F tabel 3,094 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan kemampuan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Melalui uji koefisien determinasi, diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,552 yang artinya 55,2% sebaran variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen. Hal ini berarti bahwa besarnya pengaruh kreativitas belajar dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tiga Panah adalah sebesar 55,2 %, dan sisanya 44,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Belajar, Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 01:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49683 |