RITONGA, FEBRIANI (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7182142004 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. 7182142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. 7182142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. 7182142004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5. 7182142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. 7182142004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. 7182142004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. 7182142004 LIST OF ATTACHMENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. 7182142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. 7182142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. 7182142004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perilaku menyontek siswa disebabkan rendahnya kepercayaan diri siswa dan tingginya konformitas teman sebaya yang bersifat negatif. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan diri dan Konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri berpengaruh terhadap perilaku menyontek. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara parsial dengan nilai thitung>ttabel (3,603 > 1,983) dan nilai signifikansi (0,000 > 0,05). Kemudian Konformitas Teman Sebaya berpengaruh terhadap Perilaku menyontek. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara parsial dengan nilai thitung>ttabel (5,353 > 1,983) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Serta Kepercayaan Diri dan Konformitas teman Sebaya berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap perilaku menyontek dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (17,975 >3,08) dan nilai signifikasi (0,000<0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan Diri berpengaruh terhadap Perilaku Menyontek. Dan Konformitas Teman Sebaya berpengaruh terhadap perilaku menyontek. Serta kepercayaan Diri dan Konformitas Teman Sebaya berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.A. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kepercayaan Diri, Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Menyontek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 01:12 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49681 |