PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK PAB 2 HELVETIA

SIRAIT, YUSNITA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1.NIM.7182144009 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.7182144009 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.7182144009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM.7182144009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.7182144009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3.NIM.7182144009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.7182144009 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4.NIM.7182144009 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.7182144009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM.7182144009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.7182144009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM.7182144009 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.7182144009 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7.NIM.7182144009 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.7182144009 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM.7182144009 APENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.7182144009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.7182144009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.7182144009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.7182144009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 7182144009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 7182144009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas XI OTKP di SMK PAB 2 Helvetia mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan karena bahan ajar yang kurang untuk mendukung pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XI OTKP SMK PAB 2 Helvetia.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini satu orang ahli media dan ahli materi. Pada uji coba perorangan sampel tiga orang siswa dan pada uji coba terbatas dengan dua belas orang siswa, teknik pengambilan sampel adalah purposive sample atau judgemental sampling yaitu penarikan sampel dengan memilih siswa dari kognitif yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli media kategori sangat layak dan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak. Kedua hasil uji coba perorangan 83,99% dan hasil uji coba terbatas 85,44% yang artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan layak dan dapat digunakan oleh siswa dari kognitif yang berbeda-beda. Ketiga hasil uji N-gain pada kelas yang menggunakan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan yaitu 0,77 kategori tinggi. Artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Bahan ajar Interaktif, Moodle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:12
Last Modified: 12 Jan 2023 01:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49676

Actions (login required)

View Item
View Item