SIRAIT, YUSNITA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7182144009 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2.NIM.7182144009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3.NIM.7182144009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4.NIM.7182144009 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5.NIM.7182144009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6.NIM.7182144009 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7.NIM.7182144009 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8.NIM.7182144009 APENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9.NIM.7182144009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13.NIM.7182144009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14.NIM 7182144009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas XI OTKP di SMK PAB 2 Helvetia mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan karena bahan ajar yang kurang untuk mendukung pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XI OTKP SMK PAB 2 Helvetia.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini satu orang ahli media dan ahli materi. Pada uji coba perorangan sampel tiga orang siswa dan pada uji coba terbatas dengan dua belas orang siswa, teknik pengambilan sampel adalah purposive sample atau judgemental sampling yaitu penarikan sampel dengan memilih siswa dari kognitif yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli media kategori sangat layak dan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak. Kedua hasil uji coba perorangan 83,99% dan hasil uji coba terbatas 85,44% yang artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan layak dan dapat digunakan oleh siswa dari kognitif yang berbeda-beda. Ketiga hasil uji N-gain pada kelas yang menggunakan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan yaitu 0,77 kategori tinggi. Artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Bahan ajar Interaktif, Moodle. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 01:12 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49676 |