DAMANIK, ICHA TRI CAHYANI (2022) PENGARUH MEDIA E-LEARNING EDMODO DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183144013 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 7183144013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM. 7183144013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
4. NIM. 7183144013 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
5. NIM. 7183144013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 7183144013 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 7183144013 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 7183144013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
9. NIM. 7183144013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
13. NIM. 7183144013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
14. NIM. 7183144013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-learning edmodo dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 137 orang dari 4 kelas. Teknik pengampilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling yang di ambil 50% dari setiap kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrument dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Media E-learning Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (5,028>1,997) dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,714>1,997) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Media E-learning Edmodo dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (75,74>3,136) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,700 yang artinya variabel Media E-learning Edmodo dan Kemandirian Belajar berpengaruh sebesar 70% terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 30% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-learning, Edmodo, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49668 |