Silalahi, Riris Oktaviana (2022) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Pada Siswa Kelas XI Di SMA Panca Budi Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183131026 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 3183131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
3. NIM. 3183131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 3183131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 3183131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. NIM. 3183131026 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 3183131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3183131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3183131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
14. NIM. 3183131026 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
15. NIM. 3183131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Deskripsi Kesulitan dan Faktor Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Pada Siswa Kelas XI Di SMA Panca Budi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Panca Budi Medan pada bulan April 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 95 orang. Sampel dari penelitian ini berjumlah 30% dari masing-masing kelas yaitu 27 orang siswa kelas XI IPS SMA Panca Budi Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarakan hasil uji Tes dapat disimpulkan bahwa dari 20 item soal terdapat 15 butir soal yang dihasilkan valid dan 5 butir item soal yang dihasilkan tidak valid, tingkat Reliabilitas yang dihasilkan adalah Reliabel (0,70161161). Dalam kemampuan Menganalisis (C4), siswa mengalami kesulitan di dalam menganalisis suatu informasi serta kesulitan dalam mengenali sebab akibat dari sebuah permasalahan yang rumit, dalam kemampuan Mengevaluasi (C5), siswa mengalami kesulitan di dalam memberi apresiasi terhadap suatu permasalahan ataupun suatu metode serta kesulitan memberi alasan untuk sebuah pendapat atau dugaan sementara, dalam kemampuan Mengkreasi (C6), siswa mengalami kesulitan dalam menentukan solusi dari sebuah permasalahan sebagai bentuk pemecahan masalah. (2) Faktor-Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS yaitu siswa tidak terbiasa dan juga kurang dilatih dalam menyelesaikan soal HOTS, siswa kurang memahami konten dan maksud soal sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-GEO-097 |
Keywords: | Soal HOTS; Materi Mitigasi Bencana; Hasil Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 03:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49655 |