Siregar, Indra Kurniawan (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR READING COMPREHENSION SISWA SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8136121014 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2 NIM 8136121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3 NIM 8136121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4 NIM 8136121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5 NIM 8136121014 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6 NIM 8136121014 TABLES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7 NIM 8136121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8 NIM 8136121014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9 NIM 8136121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13 NIM 8136121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14 NIM 8136121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar reading comprehension siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Collaborative Strategic reading (CSR) dan hasil belajar reading comprehension siswa yang dibelajarkan dengan strategi reciprocal teaching, (2) hasil belajar Reading Comprehension antara siswa dengan gaya kognitif field independent dan siswa dengan gaya kognitif field dependent, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar reading comprehension.
. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Angkola Timur semester II tahun akademik 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 154 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas VIII-1 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Collaborative Strategic Reading (CSR) dan 30 siswa kelas VIII-2 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 25 soal dengan koefisien reliabilitas 0,89 sedangkan untuk mendapatkan data tentang gaya kognitif siswa digunakan tes baku pengukuran gaya kognitif yaitu GEFT (Group Embedded Figure Test) dengan 20 butir soal. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji uji Fisher. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Collaborative Strategic Reading (CSR) X ̅ = 16,53 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching X ̅ = 15,43 ,dengan Fhitung = 4,47 > Ftabel = 1,00 (2) rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan gaya kognitif field independent X ̅ = 16,09 lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent X ̅ ̅ = 15,80 dengan Fhitung =7,79 > Ftabel = 1,00, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar reading comprehension dengan Fhitung = 5,44 > Ftabel = 1,00
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent adalah strategi pembelajaran Collaborative Strategic Reading (CSR) sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Reciprocal Teaching.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.47 Sir p |
Keywords: | Hasil belajar; Reading comprehension; Strategi pembelajaran; Gaya kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:51 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4961 |