Insyani, Suci (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 066650 Medan Kota. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182012 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 8186182012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8186182012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4. NIM. 8186182012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 8186182012 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
6. NIM. 8186182012 TABLES.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
7. NIM. 8186182012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8. NIM. 8186182012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8186182012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 8186182012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang dikembangkan pada materi kubus dan balok, 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan spasial dan dimensi–dimensi spasial bagi siswa yang di ajar dengan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan, 3)Mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 06650 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06650 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan spasial dan kemandirian belajar siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan spasial menggunakan media pembelajaran berbasis kooperatif yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada uji coba I dan uji coba II masing-masing sebesar 0,5 dan 0,8 yang berada pada kategori sedang dan tinggi. 3) Peningkatan kemandirian belajar siswa telah mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II setelah pembelajaran media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Ins p |
Keywords: | Pengembangan Media; Kooperatif; Kemampuan Spasial; Mandiri Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 09:47 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49606 |