Pakpahan, Paskah Apryanti (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Sub Tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V SD Swasta Markus Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182005 Cover.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8186182005 Lembar Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM 8186182005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM 8186182005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 8186182005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 8186182005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 8186182005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 8186182005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM 8186182005 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM 8186182005 BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM 8186182005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis problem based learning yang layak digunakan pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan, dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Develoment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Metode penelitian terdiri dari dua tahap yaitu tahap I mengembangkan multimedia pembelajaran dan tahap II melakukan uji efektifitas produk. Hasil penelitian dalam tahap pengembangan produk multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa: (1) penilaian ahli materi berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,58, (2) penilaian ahli media berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,51. keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada hasil post-test siswa pada uji coba II prosentase ketuntasan klasikal sebesar 90% dengan 30 siswa atau 90% dinyatakan tuntas. Dan 3 siswa atau 10% dinyatakan belum tuntas. 3) Kepraktisan media pembelajarn siswa disimpulkan berdasarkan respon guru; respon guru terhadap media pembelajaran pada uji coba pertama mencapai 91,67% termasuk kedalam kategori sangat praktis. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,7 dimana dalam kategori tinggi. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis problem based learning yang dikembangkan layak digunakan pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan serta efektif untuk menigkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Pak p |
Keywords: | Pengembangan; Media Interaktif dan Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 09:25 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49604 |