Pangaribuan, Suria Pardamean (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122056 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8136122056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 8136122056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8136122056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 8136122056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 8136122056 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 8136122056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8136122056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8136122056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13.NIM. 8136122056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM. 8136122056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan modul dan buku teks pelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar biologi, (2) pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah terhadap hasil belajar biologi, dan (3) Interaksi antara penggunaan media pembelajaran (modul dan buku teks pelajaran) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang berjumlah 351 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 91 siswa yang terdiri dari 45 siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan buku teks pelajaran dan 46 siswa kelas X-5 sebagai kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan modul. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengukuran motivasi berprestasi menggunakan angket dengan reliabilitas 0,927 dan pengukuran hasil belajar biologi menggunakan tes dengan reliabilitas 0,906. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar biologi yang diajar menggunakan modul dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar biologi yang diajar menggunakan buku teks pelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri, dengan Fhitung = 11,77 > Ftabel = 3,95; (2) hasil belajar biologi yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar biologi yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dengan Fhitung = 39,74 > Ftabel = 3,95; dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran (modul dan buku teks pelajaran) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan Fhitung = 10,63 > Ftabel = 3,95. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi sedangkan penggunaan buku teks pelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Pan p |
Keywords: | Hakikat hasil belajar; Biologi; Motivasi berprestasi; Modul; Buku teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:34 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4957 |