PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 8 MEDAN

Pangaribuan, Suria Pardamean (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136122056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136122056 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136122056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136122056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136122056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136122056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136122056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136122056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136122056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136122056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136122056 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136122056 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136122056 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136122056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136122056 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136122056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136122056 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136122056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 8136122056  CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 8136122056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136122056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136122056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan modul dan buku teks pelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar biologi, (2) pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah terhadap hasil belajar biologi, dan (3) Interaksi antara penggunaan media pembelajaran (modul dan buku teks pelajaran) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang berjumlah 351 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 91 siswa yang terdiri dari 45 siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan buku teks pelajaran dan 46 siswa kelas X-5 sebagai kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan modul. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengukuran motivasi berprestasi menggunakan angket dengan reliabilitas 0,927 dan pengukuran hasil belajar biologi menggunakan tes dengan reliabilitas 0,906. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar biologi yang diajar menggunakan modul dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar biologi yang diajar menggunakan buku teks pelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri, dengan Fhitung = 11,77 > Ftabel = 3,95; (2) hasil belajar biologi yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar biologi yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dengan Fhitung = 39,74 > Ftabel = 3,95; dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran (modul dan buku teks pelajaran) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi siswa, dengan Fhitung = 10,63 > Ftabel = 3,95. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi sedangkan penggunaan buku teks pelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.357 Pan p
Keywords: Hakikat hasil belajar; Biologi; Motivasi berprestasi; Modul; Buku teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 19:34
Last Modified: 26 Apr 2016 19:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item
View Item