Syani, Syopian (2016) PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANSAMBEL MUSIK SUB BATTERY PERCUSSION PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK T.A 2015/2016 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran, metode apa saja yang digunakan, mengetahui teknik genggaman dan pukulan, dan hasil pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat yang terjadi pada mata kuliah ansambel musik sub Battery Percusssion di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang pembelajaran, metode pembelajaran, hasil belajar, marching band, instrument, perkusi, dan musik.
Lokasi penelitian di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen dan pelatih (coach) serta seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ansamble musik sub Battery Percussion yang berjumlah 14 orang dan mengambil sampel seluruh dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yang dideskriptifkan secara bertahap dalam bentuk tulisan (karya ilmiah).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan pada mata kuliah ansamble musik sub Battery Percussion mengadopsi pembelajaran ala militer, pembelajaran yang lebih memperhatikan sikap dan gaya bermain secara tegas ditambah visualisasi gerak. Secara sistematis pembelajaran mata kuliah ansambel musik sub Battery Percussion menggunakan metode sosiodrama, metode orientasi, metode demonstrasi, dan metode eksperimen. Teknik genggaman dan pukulan yang diberikan meliputi teknik genggaman tradisional grip dan modern grip, untuk pukulan meliputi single stroke, double stroke, single paradiddle, flam. Hasil pembelajaran yang diperoleh mahasiswa dianggap berkompeten, pada nilai rata-rata untuk sementara mahasiswa mendapat nilai baik. Faktor pendukung seperti instrumen yang sudah standart, lapangan tempat latihan yang cukup luas dan pelatih (coach) yang kompeten, untuk faktor penghambatnya adalah kurangnya media pendukung seperti stick, stand instrumen, dana akomodasi, serta waktu latihan yang kurang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 045 |
Keywords: | Pembelajaran; Battery Percussion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:32 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4956 |