Telaumbanua, Yakin Kasih (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK ANIMASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI EKSPONEN UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311110 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4173311110 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM 4173311110 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4173311110 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 4173311110 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
9. NIM 4173311110 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
13. NIM 4173311110 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 4173311110 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbentuk animasi menggunakan Macromedia Flash 8 yang valid, praktis dan efektif pada materi eksponen. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan berjumlah 18 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi, media, respon siswa dan guru serta tes hasil ketuntasan belajar siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kevalidan produk media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan media memperoleh skor rata-rata sebesar 3,57 dan 3,62 dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian guru adalah 82,14% dalam hal ini tergolong sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 81,54% dalam hal ini tergolong sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 83,34% sehingga secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa merespon positif terhadap media dengan pencapaian persentase sebesar 86,5% yang termasuk dalam kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk animasi menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi eksponen ini dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif. Media yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dan dapat dijadikan pedoman bagi guru dan peneliti lain, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 100 |
Keywords: | Media pembelajaran; Animasi; Macromedia flash 8; Eksponen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:11 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49557 |