Khairani, Nia (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111053 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM 4173111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM 4173111053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM 4173111053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM 4173111053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 4173111053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
12. NIM 4173111053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
13. NIM 4173111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII dan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Design . Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian ialah siswa kelas VII-1 dan siswa kelas VII-2 di MTs Swasta Islamiyah Kotapinang. Siswa kelas VII-1 berperan sebagai kelas eksperimen dengan banyak siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol dengan banyak siswa sebanyak 32. Instrument penelitian berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf siginifikansi 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed)0,014<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 089 |
Keywords: | Realistic mathematics education; Video pembelajaran; Pemahaman matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49549 |