PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII

Khairani, Nia (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173111053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173111053 COVER.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173111053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173111053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173111053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173111053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173111053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4173111053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4173111053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173111053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII dan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Design . Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian ialah siswa kelas VII-1 dan siswa kelas VII-2 di MTs Swasta Islamiyah Kotapinang. Siswa kelas VII-1 berperan sebagai kelas eksperimen dengan banyak siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol dengan banyak siswa sebanyak 32. Instrument penelitian berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf siginifikansi 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed)0,014<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 089
Keywords: Realistic mathematics education; Video pembelajaran; Pemahaman matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:12
Last Modified: 13 Dec 2022 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49549

Actions (login required)

View Item
View Item