Marbun, Megawaty (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KUBUS DAN BALOK BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DI SMPN 42 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111047 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4173111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM 4173111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. NIM 4173111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM 4173111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM 4173111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM 4173111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM 4173111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yaitu multimedia interaktif berbasis mobile learning yang valid, praktis, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah kelas VIII-F SMP Negeri 42 Medan T.A. 2021/2022. Uji coba yang dilakukan hanya pada kelompok kecil dan kelompok terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi tes kemampuan spasial dan tes kemampuan spasial; (2) lembar validasi multimedia interaktif berbasis mobile learning oleh ahli media dan ahli materi; dan (3) angket kepraktisan respon siswa dan guru terhadap pengembangan multimedia interaktif berbasis mobile learning. Hasil dari proses pengembangan multimedia interaktif berbasis mobile learning yaitu (1) multimedia interaktif berbasis mobile learning yang tergolong valid dengan persentase sebesar 91,794% oleh ahli media dan 89,77% oleh ahli materi; (2) kriteria kepraktisan multimedia interaktif berbasis mobile learning dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 86% berdasarkan respon guru, 83,05% berdasarkan respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan 87,62% pada kelompok terbatas; (3) kriteria keefektifan multimedia interaktif berbasis mobile learning berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diukur menggunakan tes kemampuan spasial dengan persentase yang dicapai sebesar 88,46%; dan (b) pencapaian penggunaan waktu pembelajaran yang sama seperti pembelajaran biasanya; dan (4) peningkatan kemampuan spasial siswa dapat dilihat melalui nilai rata-rata pretest sebesar 40,3835 menjadi rata-rata posttest sebesar 81,4085 dan perolehan nilai standar gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 107 |
Keywords: | Multimedia interaktif; Mobile learning; Kemampuan spasial; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49547 |